Khasiat Buah Naga

PhotoGrid_1449391561948

Assalamu’alaikum~ みんなさん~

Ada yang tau buah apa yang saya post diatas?

Yups! Buah naga namanya. Pasti temen-temen disini sudah pernah memakannya kan?😀 Ok, mau share sedikit nih khadiat dari buah naga.

Buah naga atau Potaya adalah buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sedangkan nama naga sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi. Masyarakat selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga, dan akhirnya buah tersebut dikenal dengan nama “dragon fruit” atau buah naga.

 

Banyak sekali manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, mulai dari untuk mencegah kanker dan serangan jantung, untuk perkembangan bayi, untuk ibu hamil, bahkan untuk mendukung program diet. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang buah naga merah, karena secara umum buah naga dibagi menjadi dua jenis yaitu buah naga merah dan putih. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah naga merah? Untuk lebih jelasnya simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

 

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit

 

Yang dimaksudkan warna merah dan putih dari buah naga ini adalah warna daging buahnya. Sedangkan untuk warna kulit, terkadang diantara dua jenis buah yang sama pun warnanya bisa berbeda. Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau agak kuning. Dan pada dasarnya keempat jenis buah naga tersebut semuanya bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Pasalnya di dalam buah naga, terkandung vitamin dan zat-zat gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sebut saja vitamin C, B1, asam folat, serat, dan karoten, di mana zat-zat tersebut memang punya peran masing-masing di dalam tubuh. Lalu apa saja khasiat buah naga merah?

 

1. Mencegah Kanker

 

Penyakit kanker banyak sekali jenisnya, dan penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Nah, ketimbang harus menyembuhkan kanker yang biayanya pasti sangat mahal, tidak ada salahnya jika kita mencegahnya terlebih dahulu. Mengonsumsi buah naga merah secara rutin adalah salah satu cara efektif untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan, di mana antioksidan sendiri memang terbukti efektif untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker.

 

2. Mencegah Diabetes

 

Selain kanker, khasiat buah naga merah yang lain adalah untuk pencegahan penyakit diabetes. Perlu Anda ketahui diabetes bisa diakibatkan oleh banyak faktor penyebab, salah satunya adalah faktor keturunan. Oleh karena itu apabila Anda berisiko terkena diabetes karena faktor keturunan, minimalkan risiko tersebut. Caranya adalah dengan memanfaatkan kandungan vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga merah. Vitamin B3 ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

 

3. Mencegah Penyakit Jantung

 

Penyakit berbahaya lainnya yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah naga merah adalah penyakit jantung. Salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang bisa merenggut nyawa seseorang tanpa “ketuk pintu” terlebih dahulu. Untuk meminimalisir risiko terkena berbagai macam gangguan atau penyakit jantung, cobalah untuk lebih rutin mengonsumsi buah naga merah. Pasalnya berbagai kandungan pada buah naga merah ternyata bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

 

4. Menjaga Kesehatan Tulang

 

Bukan hanya susu saja yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang-tulang Anda. Nah, buah naga ini bisa Anda jadikan pilihan alternatif selain susu untuk memenuhi asupan kalsium harian Anda. FAO sebagai badan dunia yang menangani masalah pangan mengatakan bahwa ternyata buah naga merah mengandung kalsium dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Dengan demikian tak diragukan kalau khasiat buah naga merah ini adalah bisa menjaga kesehatan tulang-tulang Anda dan mencegah risiko osteoporosis.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

 

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata buah naga juga cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang terkandung dalam buah naga merah ini sangat bermanfaat untuk mata. Oleh karena itu buah naga bisa Anda jadikan pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata apabila Anda bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber betakaroten lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus buah.

 

Khasiat Buah Naga Merah untuk Diet

 

Lima khasiat buah naga merah tadi hanyalah sebagian dari banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah naga merah. Dan salah satu manfaat lainnya adalah untuk melancarkan program diet Anda. Ketika Anda sedang melakukan diet, mengonsumsi buah naga bisa membantu Anda memenuhi asupan gizi harian Anda. Apalagi buah berwarna merah yang satu ini kaya akan serat dan sangat rendah kalori. Dengan demikian buah naga merah sangat aman dikonsumsi saat diet dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

 

Apakah hanya itu khasiat buah naga merah untuk diet? Tidak juga, karena masih banyak kandungan-kandungan dalam buah Naga yang banyak khasiatnya untuk kesehatan. Pada setiap 100 gram buah naga merah, terdapat 60 kkal kalori yang berasal dari karbohidrat buah naga. Dengan demikian meskipun Anda mengonsumsi buah naga merah dalam jumlah banyak, maka tidak akan membuat Anda gemuk. Selain itu beberapa vitamin yang terkandung seperti vitamin B1, B2 dan B3 pada buah naga juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan demikian pembakaran lemak di dalam tubuh pun akan lebih efektif.

 

Wah, kayaknya khasiatnya gue banget dah. I mean, bener-bener yang aku butuhin banget. Untuk diet iya, untuk kesehatan mata iya banget karena minusku sudah parah ㅠㅠ. Untuk tulangku iya juga, masih muda tapi kadang tulang punggung cekot cekot. *eh? Hehe😀

 

Ya pinginnya bisa mengonsumsi buah ini setiap hari, tapi dikarenakan untuk beli buah ini bener-bener harus merogoh dompet kita rada dalem jadi kalau ada rezeki kalau mau beli. Hehehe😀

 

Ok mungkin itu saja, hanya sekedar info lewat aja tentang buah yang aku sukai ini.

 

Sumber : http://dedaunan.com/mengenal-khasiat-buah-naga-merah-yang-luar-biasa/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s